8 Reasons I Love You: I can tell you anything, and you won't be shocked | I can be myself when I am with you | Every time I look at you, my heart misses a beat | I love to hear your voice | I love that feeling of being secure when you wrap your arms around me | I love the way you keep your cool when I do something stupid | I like your small gestures that speak volumes about how much you care | And, of-course, your intelligence, 'cause you were smart enough to fall in love with me ;-) |

Wednesday, January 26, 2011

Fragola (Fine Italian Ice Cream)

postingan kali ini bakalan ngebahas sesuatu yang tentu ny enak banget.. siapa coba yang g ngerti ama ice cream??? ada yang g tau??? (TERLALU). dua hari lalu tepat ny tanggal 25 Januari 2011, gue ngicipin buat kali pertama ny ice cream ala Italia di Carrefour, DP Mall Semarang. 



yap, seperti yang bisa kalian liat dari gambar, nama ny 
Fragola Fine Italian Ice Cream
asli, rasa ny mantep banget.. cuma Rp. 12.500 uda dapet ice cream yang oke punya rasa ny.. jadi, dengan bayar 12,5k itu kita bisa pilih 2 macem dari sepuluh lebih varian ice cream itu.. kebetulan gue pilih mint and chocolate.. astajim, rasanya bener-bener bikin lidah gue goyang..


gambar d atas itu c, ice cream ny uda kaga genep lagi.. kalo mau tau asli ny sebelum g genep tu banyak banget.. kalo makan sendiri, gue jamin g bakal kuat. bener-bener ice cream murah dengan rasa yang fantastik, bombastik, romantik.. hha


itu gambar d atas gue dapet dari mbah google setelah gue googling tentang ini ice cream.. emm, gue nemu web yang ngejelasin tentang ice cream italia ini ato yang sering disebut dengan GELATO.. langsung aj dch y..:)

1. Gelato di masyarakat
Gelato adalah makanan jenis es krim yang berasal dari Italia. Walaupun gelato adalah makanan yang berjenis es krim, namun gelato memiliki perbedaan yang membuat kita 'tergiur' untuk mencobanya, khususnya untuk kaum wanita. Kaum wanita dikenal sebagai makhluk yang ingin terlihat proporsional yang dalam bahasa 'kasarnya': kurus atau langsing. Namun, mereka tetap ingin memakan makanan yang enak, manis, dan mengenyangkan. Gelato dapat menjadi alternatif makanan yang mereka inginkan. Namun, tidak hanya kaum wanita, kaum lelaki pun banyak yang ingin menjaga bentuk tubuh mereka. Maka dari itu, gelato adalah pilihan pas untuk menjadi santapan utama ataupun sekedar cemilan atau makanan kecil.

2. Mengapa harus Gelato?
Pertanyaan yang pantas untuk dipertanyakan. Mengapa harus gelato? Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari gelato. Rasa yang enak, mengenyangkan, dan tentu saja menyehatkan. Untuk lebih lengkapnya lagi, inilah kandungan gizi dari gelato:
- Kalsium. Didapat dari susu yang digunakan dalam pembuatan gelato. Manfaat kalsium yaitu untuk membangun dan menjadikan tulang lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Penting juga untuk saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah.
- Gula. Didapat hampir dari seluruh bahan dasar pembuatan gelato. Selain pemberi rasa manis, gula juga bermanfaat sebagai asupan energi kita. Kadar gula dalam gelato masih di bawah standar dan tidak menggunakan pengawet.
- Sari buah. Didapat dari buah-buahan yang digunakan dalam pembuatan gelato. Jelas, mengandung banyak vitamin A, B, C, dan lain-lain yang berguna sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan, pertumbuhan, dan perbaikan jaringan.
Dan perlu diketahui, gelato mengandung kadar lemak lebih sedikit daripada es krim biasa. Seperti yang telah dijelaskan di atas, banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal namun mereka tetap ingin memakan makanan enak seperti es krim. Dengan kadar lemak yang rendah, orang-orang dapat menyantap gelato dengan mendapatkan berbagai keuntungan: sehat, aman, dan bentuk tubuh tetap terjaga.

3. Gelato Vs Es krim biasa
Gelato dan es krim biasa memiliki perbedaan yang cukup membuat kita merasa 'aman' untuk menyantap gelato. Perbedaan tersebut diantaranya:
- Seperti yang dijelaskan di atas, perbedaan pertama terdapat pada kadar lemak. Kadar lemak gelato lebih rendah daripada es krim. Hal tersebut disebabkan karena pembuatan gelato terkadang menambahkan telur namun tidak menambahkan cream. Namun, walaupun kadar lemaknya lebih rendah, bukan berarti rasanya menjadi tidak enak. Kadar lemak yang rendah membuat gelato tidak membeku sepenuhnya, sehingga mudah meleleh dan apabila gelato yang didinginkan masuk ke mulut, gelato akan mencair dan konsumen akan merasakan 'sensasi' lelehan gelato yang mencair dengan pas di mulut.
- Es krim diproduksi dengan mencampurkan krim, susu, gula, dan pabrik biasanya menambahkan udara di dalamnya sehingga bentuk dan ukuran es krim menjadi hampir dua kali lipatnya atau terlihat mengembang. Namun, dengan penambahan udara ke dalamnya, membuat kualitasnya menurun. Sedangkan gelato, tidak ada penambahan udara atau alami menggunakan bahan yang ada. Itulah yang membuat kualitas dan rasa gelato menjadi lebih bagus dan enak.
- Suhu pendinginan gelato lebih rendah dari es krim biasa. Suhu pendinginan es krim yaitu -10 derajat celcius, sedangkan suhu pendinginan gelato yaitu +7 derajat celcius. Saat gelato dan es krim dihidangkan bersama, gelato akan mudah dimakan karena tidak terlalu beku dan lebih mudah mencair di mulut dan membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

4. Penyajian Gelato
Biasanya, penghidangan gelato dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya seperti coklat (baik padat maupun cair), kacang, biskuit, ataupun rempah-rempah biskuitnya sekalipun. Walaupun kadar lemak pada gelato lebih rendah daripada es krim, namun bisa saja menjadi setara kalau tambahan pada gelato mengandung kadar lemak yang juga tinggi, seperti contoh diatas (cokelat, kacang, dll). Menurut situs http://cybertravel.cbn.net.id, gelato itu akan terasa nikmat jika disajikan dengan campuran buah liar, dan dipadu dengan campuran buah musim semi. Kombinasi rasa itu akan membuat gelato menjadi sangat sedap.
Bagi penyuka keju, gelato pun bisa disajikan dengan keju. Biasanya kita tidak pernah mendengar istilah: "Es krim rasa keju." Namun ada gelato rasa keju. Gelato ini terdapat di salah satu resto gelato yang bernama Gelato Bar. Banyak orang yang menyukai gelato rasa keju karena sensasi gurih di tengah manisnya gelato sangat menggoda.
Penyajian gelato menggunakan pengental sehingga rasanya lebih enak dan lemaknya sedikit. Berbeda dengan penyajian es krim Eropa ataupun es krim biasa. Sebenarnya, kita bisa merancang sendiri tampilan dan rasa gelato favorit kita. Misalnya, kita menyukai cokelat. Maka, tambahkan saus cokelat atau choco chips di dalam gelato. Atau mungkin ada yang menyukai buah-buahan? Masukkan buah-buahan dari cocktail menurut selera. Dan yang paling penting adalah penggunaan pengental dan gelato tidak memakai susu biasa namun memakai susu skim (whole milk)
Gelato biasa disajikan sebagai dessert atau makanan penutup. Itu bila dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Namun terkadang gelato juga dijadikan main course dan sebaliknya, bila disajikan dalam jumlah yang lebih banyak.
Rasa gelato terfavorit yaitu cokelat, lalu diikuti oleh vanilla cocktail, mocca, vanilla choco chips, strawberry, dan kopyor (namun hanya pada waktu-waktu tertentu)
Biasanya gelato diproduksi menggunakan mesin yang disebut Batch Freezer.
Walaupun kadar lemaknya sedikit, namun lemak adalah penyusun utama dalam pembuatan gelato. (Sumber)



ada juga ney, resep buat ngebuat Gelato sendiri.. coba ahhh, kali aj bisa bikin trus sukses, trus makan sendiri.. hhe..


Strawberry Gelato
Bahan :
800 ml susu segar
175 gr gula pasir
150 gr stroberi, dihaluskan
Cara Membuat:
1. Panaskan susu segar dan gula pasir hingga gula larut (tidak sampai mendidih). Angkat dan tunggu hingga dingin.
2. Masukkan stroberi yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata.
3. Dinginkan hingga lumayan membeku di freezer hingga kurang lebih 2 cm sisi paling luarnya mulai mengeras.
4. Kocok dan bekukan kembali.




Anguria Imbriga col Gelato 
Bahan :
1000 gram lemon sherbet
Setengah potong buah semangka
100 gram gula tumbuk
Light rum
Cara Membuat:
1. Siapkan cetakan berbentuk bulat yang cukup besar untuk menampung semua ice cream dan lapisi dengan kertas minyak.
2. Potong buah semangka dan buang semua bijinya.
3. Masukkan ke dalam mangkuk yang berisi gula dan rum.
4. Tutup mangkuk dengan piring dan dinginkan ke dalam lemari es.
5. Isi cetakan dengan sherbet dan ratakan memenuhi cetakan dengan menggunakan bagian belakang sendok, yang harus anda bilas sesekali dengan menggunakan air dingin.
6. Masukkan sherbet ke dalam freezer dan dinginkan selama beberapa jam.
7. Pada saat akan disajikan, ambil sherbet sesuai kebutuhan dan tuangkan campuran saus buah semangka di atasnya.



siapa coba c yang g bakal cesss liat ini gambar, jadi.. buat kalian yang berdomisili di Semarang.. bisa langsung jabanin 2 tempat Fragola ini, di

1. Carrefour lante 2 DP Mall Semarang
2. Mall Citraland lante 2, di depan KFC

poko ny, gua jamin g bakal nyesel.. tapi khusus penggemar ice cream y.. hhe.. okay, cu next time on other postings.. bye

No comments:

Post a Comment